Wisata Pantai Minang Rua Dekat Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan

Pasir putih minang rua

Pantai Minang Rua, berlokasi di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Salah Satu Pantai dekat pelabuhan bakauheni yang menjadi destinasi wisata yang dikelola oleh beberapa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pasir putih yang bersih dan bebatuan unik menjadi ciri khas pantai ini. Pengunjung dapat mencapai Pantai Minang Rua dari Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam, tergantung pada kecepatan perjalanan.

Wisata Ke Pantai Minang Rua Bakauheni Lampung Selatan

Tempat Wisata Pantai Minang Rua adalah salah satu destinasi wisata pantai yang terletak dekat dengan Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan. Pantai ini dikenal dengan pasir putihnya yang bersih dan beberapa bebatuan yang unik, serta menawarkan pemandangan alam yang indah. Wisata Pantai ini juga memiliki goa di sekitarnya yang menambah daya tariknya, meskipun goa tersebut masih menyimpan cerita mistis dan dihuni oleh kelelawar.

Selain itu, Pantai Minang Rua juga memiliki penangkaran penyu, di mana pengunjung dapat melihat penyu bertelur dan, jika beruntung, ikut melepaskan tukik ke laut. Pantai ini telah dikelola oleh beberapa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan menjadi pilihan yang baik untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Untuk mencapai Pantai Minang Rua dari Bandar Lampung, waktu tempuh sekitar 1,5 jam atau 2 jam dengan mobil atau sepeda motor. Dari Pelabuhan Bakauheni, perjalanan ke pantai ini cukup singkat dan dapat diakses dengan mudah.

pantai minang rua
pantai minang rua

Rute Menuju Pantai Minang Rua

Sebelum mencapai pelabuhan Bakauheni, penunjuk arah dari Jalan Lintas Sumatera menuju pantai memudahkan akses. Akses ke pantai ini dapat dilakukan dengan mobil maupun sepeda motor melalui jalan yang sudah cukup baik. Untuk menuju Pantai Minang Rua, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  • Dari Bandar Lampung, ambil jalan lintas Sumatera menuju Bakauheni.
  • Setelah sampai di Bakauheni, belok kiri menuju Desa Kelawi.
  • Ikuti jalan utama hingga sampai di Pantai Minang Rua.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus atau angkutan umum dari Bandar Lampung menuju Bakauheni. Setelah sampai di Bakauheni, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi menuju Pantai Minang Rua.

Biaya tiket masuk Pantai Minang Rua adalah Rp 5.000 per orang, sementara biaya parkir Rp 2.000. Untuk pengunjung sepeda motor, total biaya masuk dan parkir adalah Rp 5.000, sedangkan untuk mobil adalah Rp 10.000. Pada hari besar, biaya parkir motor menjadi Rp 10.000 dan mobil Rp 20.000. Pada hari besar, tiket masuk tidak dikenakan, cukup membayar biaya parkir.

#photocompetitionhonda #pemudapeduliwisatalampung @hondaloverlampung
@_apriyanto.93
@dyrhdn_
@andhikaaumbuu

Pantai Minang Rua memiliki daya tarik utama:

  1. Tempat Bersarangnya Penyu: Pantai ini menjadi tempat penangkaran penyu, khususnya tukik yang bertelur. Pengunjung dapat menyaksikan momen penyu menetas dan melepaskan mereka ke laut, kadang-kadang dapat berfoto selfie dengan hewan lucu tersebut.
  2. Goa Petualangan yang Menarik: Di sekitar pantai terdapat goa dengan kelelawar yang bergelantungan. Meskipun goa ini memiliki aura mistis, pemandangan alam di sekitarnya sangat indah.
  3. Pesona ‘Green Canyon’ Lampung: Pantai Minang Rua juga dikenal sebagai “Green Canyon” Indonesia, dengan air laut berwarna kehijauan yang memukau. Pengunjung dapat merasakan sensasi menyeburkan diri ke air yang bening di sekitar tebing tinggi, menciptakan pengalaman yang menarik.

Fasilitas yang disediakan meliputi penginapan, tempat makan, toilet, mushola, dan area parkir yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.

No.InformasiNilai/Detail
1LokasiPantai Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan
2Kelola olehBeberapa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)
3Karakteristik PantaiPasir putih bersih, bebatuan unik
4AksesDari Bandar Lampung, waktu tempuh 1,5-2 jam, akses baik untuk mobil dan sepeda motor
5Biaya Tiket MasukRp 5.000 per orang
6Biaya ParkirRp 2.000 (motor), Rp 5.000 (motor + masuk), Rp 10.000 (mobil + masuk), Rp 10.000 (motor – hari besar), Rp 20.000 (mobil – hari besar)
7Daya Tarik Utama– Tempat Bersarangnya Penyu: Penangkaran tukik, momen menetas penyu, foto selfie dengan penyu
8– Goa Petualangan: Goa dengan kelelawar, pemandangan alam indah
9– Pesona ‘Green Canyon’ Lampung: Air laut berwarna kehijauan, sensasi menyeburkan diri, tebing tinggi
10FasilitasPenginapan, tempat makan, toilet, mushola, area parkir

Aktivitas di Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua: Pesona Tersembunyi di Lampung Selatan

Pantai Minang Rua merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Lampung Selatan. Pantai ini terletak di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, sekitar 7 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni.

Pantai Minang Rua menawarkan keindahan alam yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan pemandangan alam yang indah.

Selain itu, Pantai Minang Rua juga memiliki beberapa spot foto yang menarik, seperti batu karang yang unik, jembatan kayu yang membentang di atas laut, dan gazebo-gazebo yang dibangun di tepi pantai.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Minang Rua

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Minang Rua, antara lain:

  • Berenang dan bermain air di pantai
  • Berjemur di tepi pantai
  • Menikmati pemandangan alam yang indah
  • Berfoto-foto di spot-spot foto yang menarik
  • Memancing ikan
  • Berkemah di tepi pantai

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang, seperti:

  • Tempat parkir yang luas
  • Warung-warung yang menjual makanan dan minuman
  • Gazebo-gazebo untuk bersantai
  • Kamar mandi dan toilet
  • Mushola

Tips Berkunjung ke Pantai Minang Rua

Berikut adalah beberapa tips berkunjung ke Pantai Minang Rua:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Minang Rua adalah pada saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan April hingga Oktober.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang tidak licin.
  • Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena tidak banyak warung yang tersedia di pantai.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Pantai Minang Rua.
  • Selalu jaga kebersihan pantai dan jangan membuang sampah sembarangan.

Pantai Minang Rua: Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lampung Selatan

Pantai Minang Rua merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Lampung Selatan. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan dan fasilitas yang tersedia, Pantai Minang Rua menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Misteri dan Kisah Mistis di Pantai Minang Rua Lampung

Pantai Minang Ruang Lampung 1
Pantai Minang Ruang Lampung 1

Pantai Minang Rua yang terletak di Lampung Selatan, menyimpan berbagai misteri dan kisah mistis yang menarik untuk dibahas. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Goa Jepang: Di sekitar Pantai Minang Rua terdapat sebuah goa yang dikenal dengan nama Goa Jepang. Goa ini dipercaya sebagai tempat persembunyian tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Konon, di dalam goa tersebut masih terdapat sisa-sisa peninggalan tentara Jepang, seperti senjata dan peralatan perang.
  • Penampakan Nyi Roro Kidul: Beberapa pengunjung Pantai Minang Rua mengaku pernah melihat penampakan Nyi Roro Kidul, sang penguasa Laut Selatan. Penampakan tersebut biasanya terjadi pada saat-saat tertentu, seperti saat matahari terbit atau terbenam.
  • Suara Gamelan: Pada malam-malam tertentu, pengunjung Pantai Minang Rua juga mengaku pernah mendengar suara gamelan yang berasal dari dalam laut. Suara gamelan tersebut dipercaya sebagai pertanda bahwa Nyi Roro Kidul sedang mengadakan pesta di istananya.
  • Bau Harum: Beberapa pengunjung Pantai Minang Rua juga mengaku pernah mencium bau harum yang semerbak di sekitar pantai. Bau harum tersebut dipercaya berasal dari bunga-bunga yang tumbuh di istana Nyi Roro Kidul.

Misteri dan kisah mistis yang beredar di Pantai Minang Rua tersebut tentu saja tidak dapat dipastikan kebenarannya. Namun, cerita-cerita tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi pantai ini dan menjadikannya semakin populer di kalangan wisatawan.Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Minang Rua, tidak perlu khawatir dengan cerita-cerita mistis tersebut. Selama Anda menjaga sikap dan berperilaku baik, Insya Allah Anda akan selamat dari gangguan makhluk halus.

Temukan Keindahan Lampung Selatan dengan Kenyamanan Berkelas

Lampung Selatan menyimpan surga tersembunyi, dan SewaBusLampung.com membawa Anda untuk menjelajahi keindahan Pantai Minang Rua dengan gaya dan kenyamanan berkelas.

Kenapa Memilih SewaBusLampung.com?

  1. Armada Bus Berkualitas: Nikmati perjalanan dengan armada bus kami yang modern dan berkualitas tinggi. Kursi yang nyaman dan fasilitas terbaik menjamin pengalaman perjalanan yang luar biasa.
  2. Sopir Berpengalaman: Dibantu oleh sopir berpengalaman, Anda dapat menikmati perjalanan tanpa khawatir. Mereka tidak hanya membawa Anda dengan aman tetapi juga menjadi panduan lokal yang handal.
  3. Pelayanan Prima: Tim SewaBusLampung.com siap memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan memuaskan.

Hemat Biaya, Nikmati Kebebasan

  1. Hemat Biaya Perjalanan: Dengan menyewa bus dari SewaBusLampung.com, Anda dapat menghemat biaya perjalanan. Harga sewa yang terjangkau dan tanpa kekhawatiran biaya tambahan.
  2. Tanpa Ribet: Tak perlu repot memikirkan navigasi atau parkir. Kami mengurus semuanya untuk Anda, sehingga Anda bisa fokus menikmati perjalanan.

Baca Juga : Suak Sumatera Resort Villa Wisata Lampung Rasa Bali

Pantai lain yang juga dekat dengan Pelabuhan Bakauheni adalah Pulau Mengkudu, yang dapat ditempuh kurang lebih setengah jam menggunakan mobi. Pulau ini juga merupakan hidden gem yang menarik untuk dikunjungi.Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Minang Rua atau destinasi pantai lainnya di dekat Pelabuhan Bakauheni, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau layanan sewa mobil untuk kenyamanan perjalanan Anda.

1 thought on “Wisata Pantai Minang Rua Dekat Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan”

  1. Pingback: Pantai Bagus Beach Walk! Destinasi Baru di Kalianda Nirwana Resort

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Harga sewa bus pariwisata lampung

Hubungi Kami

Legalitas SKYBUS LAMPUNG

Sewa Bus Lampung dikelolah oleh  Legalitas dari SKYBUS LAMPUNG Yang telah memiliki banyak Armada dan Mitra untuk pelayanan Sewa Mobil dan Bus Lampung

Share:

More Posts